5 Tahap dan Cara Mengajarkan Belajar Membaca Anak SD

Saat memasuki sekolah dasar, anak dituntut sudah harus bisa membaca, menulis, dan menghitung dengan sederhana. Berikut ini cara belajar membaca anak SD yang dapat Anda coba dalam mengajarkan cara membaca kepada si kecil.

  1. Mulailah Dari Memperkenalkan Dasar-Dasar dari Membaca Terlebih Dahulu

langkah pertama yang harus Kita ambil untuk mengajari anak membaca adalah dengan memperkenalkan dasar-dasarnya terlebih dahulu pada anak. Kita bisa mulai mengenalkan huruf abjad, cara menyebutkannya, dan lain-lain sehingga nanti anak bisa dengan mudah melangkah ke tahap pembelajaran yang selanjutnya dengan baik. Dalam rangka pengenalan ini, Kita bisa melakukannya dengan memanfaatkan cara ataupun media yang sekiranya disukai oleh anak misalnya dengan belajar sambil bermain.

  1. Manfaatkan Media Sebagai Bahan Ajar

Memanfaatkan media saat ini juga bisa menjadi cara cepat belajar membaca anak sd yang cukup efektif apalagi saat ini sudah banyak teknologi canggih, bisa juga belajar lewat video. Untuk yang satu ini, tak ada salahnya jika Kita memperhatikan kecenderung anak terlebih dahulu, media apakah yang disukai oleh anak sehingga nantinya anak akan enjoy dalam belajar membaca.

Ada banyak hal yang bisa Kita manfaatkan dalam rangka mendukung kecepatan belajar anak dalam hal membaca dan menulis, misalnya dengan menggunakan media elektronik, buku bergambar, puzzle, karpet bergambar ataupun mainan yang dapat mengasah kemampuan anak.

  1. Mulailah dari Kata-Kata yang Sederhana

Cara cepat belajar membaca selanjutnya yang bisa Kita terapkan pada anak adalah dengan mengawalinya dari kata-kata yang mudah dan sederhana agar anak lebih mudah menangkapnya. Tak hanya membuat anak lebih lancar dalam membaca, cara yang satu ini bahkan juga menjadi cara belajar menulis yang juga efektif untuk anak.

Baca Juga :  Jangan panik, cara hilangkan perut kembung pada anak

belajar membaca anak sd

Anda bisa mulai menggunakan kata-kata seperti nama teman yang dimilikinya, nama bunga yang ada di halaman rumah, kegiatan yang dilakukan sehari-hari atau yang lainnya. Jangan berikan anak kosakata yang masih asing dalam kesehariannya karena itu akan membuatnya kesulitan untuk memahami kata tersebut. Selain itu, jika ada kemungkinan saat proses membaca anak ternyata tidak bisa melakukannya secara langsung, Kita bisa melakukannya dengan memintanya untuk belajar mengeja terlebih dahulu.

  1. Mengajak Anak untuk Membaca Sambil Bernyanyi

Kita pasti sudah mengajarkan lagu anak pada buah hati Kita bukan? Kalau iya, Kita bisa memanfaatkannya sebagai cara mudah belajar membaca anak sd. Jangan terlalu berpikir bahwa suara Kita tidak cukup layak untuk didengarkan, asalkan Kita bisa melihat peluang bahwa dengan bernyanyi kemampuan membaca anak bisa meningkat, maka lakukanlah hal tersebut.

  1. Lakukan Proses Pembelajaran Ini Secara Berkala

Cara cepat belajar membaca anak sd dan menulis untuk anak yang terakhir adalah dengan melakukan proses pembelajaran ini secara rutin. Jangan berpikir soal lama waktu yang Kita perlukan, tetapi jika Kita melakukan langkah-langkah seperti di atas secara rutin setiap hari, maka ini secara tidak langsung akan menciptakan kebiasaan yang baik bagi anak sehingga memperbesar peluang juga anak akan tetap menerapkannya bahkan saat dia dewasa nanti akan lebih membuat anak rajin belajar. Jangan lupa berikan jeda dalam setiap pengajaran supaya anak tidak bosan, misalnya, hari ini Kita mengajar anak untuk membaca, besoknya Kita bisa mengajarinya menulis, lalu besoknya lagi Kita bisa mengajarinya untuk mengisi titik-titik atau meniru gambar sederhana seperti garis lurus atau garis melengkung Dan tambahan gurauan lelucon sedikit juga tidak masalah, agar tercipta suasana belajar yang mengasyikkan.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Kulit Kering dengan Mudah