6 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

pernahkah Anda mengalami perut kembung? Saat terjadi perut kembung, hal yang dirasakan adalah perut terasa penuh dan tidak enak. Ternyata masalah perut kembung tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja. pada bayi dan anak-anak juga bisa mengalami perut kembung.

Jika Anda sudah merasa tersiksa saat perut kembung, lantas apa yang dirasakan jika perut kembung pada anak terjadi pada anak? Bukankah anak akan merasa terganggu, terlebih jika anak masih dalam masa usia bayi.

Penyebab Perut Kembung

Perut kembung yang terjadi pada anak tentunya tidak datang dengan sendirinya. Ada sebab-sebab terjadinya perut kembung yang harus Anda tahu. Dengan demikian, Anda juga bisa mengatasi sekaligus melakukan pencegahan di waktu yang akan datang.

Biasanya perut kembung pada anak terjadi karena anak makan sambil bermain, berlari, nonton tv, atau juga bisa dikarenakan terlalu banyak menelan udara. Salah mengonsumsi makanan juga bisa menyebabkan perut kembung. Jadi, bagi para mom, asupan makanan untuk si buah hati juga perlu diperhatikan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi dan anak? Bagi mom yang kebingungan ketika si buah hati mengalami perut kembung, tenang saja. pasalnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung buah hati. Berikut ini adalah cara mengatasi perut kembung pada anak yang harus Anda tahu.

  • Meletakkan Bantal Pemanas di Perut Anak

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan perut kembung pada anak dengan meletakkan bantal penghangat. Memberikan penghangat ada perut bisa mengeluarkan angin yang ada pada perut. Alhasil, perut yang kembung akan kembali normal. Selai itu, mom juga perlu memberikan air setiap 10-15 menit sekali untuk mencegah timbulnya dehidrasi pada anak.

  • Menghindari Minuman Bersoda

Selain menggunakan bantal pemanas, anak yang mengalami perut kembung juga tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman bersoda. Mengapa? Sebab minuman bersoda akan menghasilkan angin dimana angin ini akan semakin memperparah perut kembung anak.

  • Menghindari Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan dan Permen Karet

Anak-anak memang cenderung lebih suka dengan yang manis-manis dan permen karet. Namun, tahukah Anda jika makanan ini dapat memperparah perut kembung anak.

Misalnya saja untuk permen karet, kebiasaan mengunyah permen karet terlalu lama dapat membuat mulut menelan angin dalam jumlah yang banyak. Jika ini dilakukan, maka yang terjadi perut akan semakin kembung.

  • Mengurangi Asupan Jus Buah

Jus buah memang menyehatkan bagi tubuh, namun tahukah mom jika memberikan jus buah pada buah hati lebih dari satu kali bisa menghasilkan gas yang berlebihan pada perut?

Sebab, ada beberapa anak yang sulit untuk mencerna sukrosa dan fruktosa. Akibat dari hal ini, banyak anak yang mengalami perut kembung karena mengonsumsi jus buah.

  • Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Untuk meredakan perut kembung, sebagai orang tua mom bisa memberitahu kepada buah hati untuk mengunyah makanan secara perlahan. Selain itu, jangan langsung melakukan aktivitas setelah makan. Berdiam diri saja sejenak kurang lebih 10-15 menit hingga makanan benar-benar turun ke lambung.

  • Minum Air Putih yang Cukup

Banyak orang tua yang beranggapan bahwa banyak minum pada saat kembung akan membuat perut semakin kembung, ternyata pernyataan ini adalah salah total. Justru, dengan banyak mengonsumsi air pada saat perut kembung dapat membantu meredakan perut kembung lho. Sebab, air akan mengisi ruangan yang sebelumnya diisi oleh gas. Dengan demikian perut kembung akan mereda dengan sendirinya,

Masih ada banyak cara lagi yang bisa dilakukan untuk menghilangkan perut kembung. 

Baca Juga :  Gejala Leukimia dan Penyebab Leukimia pada Anak