Gejala Leukimia dan Penyebab Leukimia pada Anak

Jagat dunia hiburan dangdut di Indonesia dihebohkan dengan kabar bahwa salah satu anak penyanyi dangdut kita menderita penyakit yang sangat berbahaya dan serius yang dinamakan leukimia. Kini sang anak harus mengalami perawatan intensif diluar negeri serta rutin melakukan kemoterapi. Pemberitaan mengenai kondisi kesehatan anak Denada tersebut sontak menjadi pertanyaan masyarakat Indonesia, seperti apakah leukimia tersebut dan apa penyebab seorang anak menderita penyakit serius ini? Lalu bagaiamana orang tua bisa mengenali gejala leukimia dan bisa mengetahui bahwa anak terindikasi leukimia?

Leukimia merupakan kondisi dimana DNA darah mengalami kerusakan sehingga mempengaruhi fungsi leukosit atau sel darah putih, kondisi ini menyebabkan imun tubuh berkurang dan tubuh menjadi sangat rentan terhadap infeksi. Leukimia ini bisa juga disebut sebagai kanker darah atau kanker yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Leukimia bisa terjadi pada semua golongan usia, tanpa terkecuali dan akan lebih rentan pada anak-anak. Pada umumnya, gejala leukimia pada anak-anak sering kali muncul saat jumlah sel darah putih tidak sesuai dengan sebagai mana mestinya sehingga akan mengganggu sel normal lain. Orang tua harus mengenali gejala yang akan timbul saat anak terkena leukimia agar bisa mengantisipasi terlambat sadarnya penyakit tersebut dan terlambatnya penanganan penyakit yang sangat serius ini. Berikut gejala leukimia yang biasanya timbul:

  • Lemas dan pucat
  • Infeksi dan demam
  • Mudah berdarah atau terluka
  • Muncul lebam atau memar di sekitar tubuh, padahal tidak terjatuh
  • Batuk, mual dan muntah
  • Mengeluh nyeri dan pegal-pegal pada otot
  • Kehilangan selera makan
  • Pusing dan sakit kepala
  • Nafasnya tersengal-sengal

Kanker darah bisa saja muncul karena berbagai faktor. Baik itu faktor yang berasal dari internal tubuh si anak maupun dari faktor luar atau lingkungan tempat si anak tumbuh. Lalu, faktor apa saja sih yang bisa menyebabkan terjangkitnya leukimia pada anak-anak? Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa jadi penyebab leukimia pada anak:

  • Faktor yang pertama adalah mungkin adanya penyakit keturunan seperti down syndrome
  • Selanjutnya adalah mungkin adanya penyakit keturunan gangguan pada imunitas tubuh
  • Memiliki saudara kembar atau kandung yang juga mengidap leukimia
  • Paparan radiasi, kemoterapi, atau benzena dengan takaran tinggi
  • Pernah melakukan transplantasi organ
Baca Juga :  2 Cara BikinSquishy Sendiri di Rumah

Anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan, berbagai organ masih sangat rentan karena pertumbuhannya yang belum sempurna, sehingga penyakit ini sangat berpotensi menjangkit anak-anak. Oleh karena orang tua harus mengantisipasi kemungkinan penyakit-penyakit berbahaya akan menyerang dan membahayakan kondisi anak. Ada juga yang menyatakan bahwa ada faktor penyebab leukimia pada anak lain selain yang disebutkan di atas, yakni pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Seperti yang kita tahu, konsumsi junkfood, alkohol, merokok pada jangka waktu yang lama akan mempengaruhi kesehatan dan akan memicu timbulnya penyakit yang serius. Penyakit tersebut bisa saja menyerang orang tua sebagai pengkonsumsi makanan tersebut, atau bisa juga justru akan menyebabkan gangguan pada sang anak. Penting bagi wanita hamil atau menyusui, untuk benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar tumbukan toxic yang berasal dari makanan dan minuman yang tidak sehat tersebut akan mengganggu kesehatan buah hati dan nantinya akan menimbulkan penyesalan.