3 Jenis Mainan Edukasi Anak yang Dapat Membuat Anak Pintar

Saat ini mainan edukasi anak menjadi proses edukasi pada anak yang dapat menambah kreatifitas pada anak. Selain menjadi hiburan, permainan ini juga sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang otak pada anak. Kemudahan seorang anak dalam mengakses gadget memang telah mampu membuat anak lebih tertarik dengan gadgetnya daripada bermain fisik. Hal ini yang menyebabkan anak-anak jarang melakukan interaksi dengan anak-anak seusianya dan malas melakukan kegiatan di luar rumah. Padahal melakukan aktivitas bersama-sama dengan teman sebaya akan memberikan dampak yang besar dalam perkembangan mental anak Anda.

Jenis Mainan Edukasi anak

Berikut ini masih ada lho permainan yang dapat memberikan edukasi pada anak, agar anak Anda menjadi kreatif.

  • Mainan dengan Pemutar Musik

Banyak sekali varian bentuk dan lagu yang bisa Anda pilih untuk jenis permainan ini. Anda bebas memilh bentuk apapun sesuai dengan minat dan jenis kelamin anak. Bisa bentuk bintang, mobil atau tokoh kartun bagi anak laki-laki. Atau bentuk istana dan boneka untuk anak perempuan. Dengan mendengarkan suara-suara, dapat merangsang sistem pendengaran bayi Anda. Bayi yang tertarik dengan suara yang dihasilkan mainan tersebut akan berusaha menggapai dan menggenggam mainan tersebut sehingga melatih juga sensor motorik anak Anda. Selain itu bermain musik juga dapat meningkatkan pola piker sang anak.

  • Boneka Tangan

Sangat menyenangkan ketika anak Anda mulai dapat merespon saat Anda mengajaknya berinteraksi. Dengan bantuan boneka tangan Anda dapat mengajak bayi Anda dalam merespon ucapan Anda sehingga membantu dalam merangsang kemampuan berkomunikasi bayi Anda. Selain itu boneka tangan dengan warna dan bentuk yang lucu dan menarik bisa anda jadikan alat untuk menarik perhatian bayi Anda. Anda bisa bermain boneka tangan agar anak mempunyai edukasi membaca dan berbicara yang baik dalam permainannya.

  • Alat Musik

Saat ini banyak anak kecil yang sudah bisa memainkan alat musik di usia yang masih dini. Hal itu dapat dikatakan jika permainan music masih menjadi mainan edukasi anak. Pilihlah beberapa alat musik mainan yang dibuat khusus untuk anak dan menyesuaikan umur anak Anda. Berbagai varian seperti drum, atau piano bagus untuk melatih gerakan motorik halusnya. Dengan belajar memukul drum dan menekan tuts piano, anak akan berusaha berinteraksi dengan suara-suara yang dihasilkan alat musik tersebut. Selain bisa melatih kemampuannya dalam menggerakkan sesuatu, pendengarannya juga akan semakin terlatih.

  • Bongkar Pasang (Gambaran)

Mainan ini sebenarnya masih bertahan sampai saat ini. Masiih banyak penjual mainan keliling yang menjajakannya. Mainan ini cukup sederhana dan terbuat dari kertas yang memiliki gambar wanita cantik dengan bermacam-macam gaun yang indah. Nantinya gambaran wanita ini akan menjadi tokoh utama dalam drama yang akan dimainkan anak-anak.

Baca Juga :  4 Jenis Mainan Bayi 6 Bulan yang Aman untuk Dimainkan

Bermain bongkar pasang apalagi jika yang berbentuk bangunan akan meningkatkan edukasi sang anak dalam menyusunnnya menjadi bangunan yang unik.

Permainan ini memang lebih seru dimainkan bersama teman daripada bermain sendiri. Karena cerita yang akan berkemabgn bisa sangat seru bila bermain beramai-ramai. Dengan mainan murah meriah ini, imaginasi anak Anda akan semakin berkembang. Cukup seru juga bila Anda ingin memainkan permainan ini bersama anak Anda, dan pastinya Anda akan tercengang mendapati betapa lucunya alur cerita drama yang akan anak Anda mainkan.

Nah itulah 3 jenis mainan edukasi anak Anda. Tetap selalu menjaga kebersihkan mainan anak, agar tetap bersih.