4 Jenis Mainan Bayi 6 Bulan yang Aman untuk Dimainkan

Keamanan adalah hal yang paling penting yang harus diperhatikan bila Anda ingin membelikan mainan untuk bayi Anda. Keamanan mainan bayi harus memperhatikan berbahai faktor, antara lain segi kekuatan, bahan, tekstur dan ukurannya. Bila Anda ingin membelikan mainan bayi usia 6 bulan, ada baiknya Anda perhatian semua faktor tersebut.

Kekuatan mainan itu sendiri adalah salah satu poin penting, hindari mainan dengan bahan yang rapuh sehingga dapat saja melukai bayi Anda. Bersihkan selalu mainan bayi Anda sehingga mengurangi resiko masuknya kuman berbahaya ke pencernaan anak bila mainan tersebut bersentuhan dengan mulut anak Anda.

Untuk mainan bayi 6 bulan, ada baiknya Anda hindari untuk memberikan mainan yang menggunakan tali. Tali selain berbahaya karena beresiko melilit tubuh bayi, juga akan mengganggu pergerakan bayi Anda. Anda dapat mulai memperkenalkan mainan yang dapat mengeluarkan suara, namun Anda harus hindari mainan-mainan dengan suara yang terlalu keras karena akan menggangu dan berpotensi merusak pendengaran bayi Anda.

Bayi di usia 6 bulan memiliki ketertarikan pada bayangan dirinya sendiri di cermin,  selain itu bayi juga tertarik dengan benda-benda yang berwarna mencolok disekitarnya. Meletakan berbagai mainan ini didekat bayi Anda akan mampu meningkatkan kemampuan leher bayi dalam menoleh dan melihat benda benda yang diminatinya. Juga akan semakin melatih bayi untuk berusaha berguling, merangkak atau duduk dalam meraih mainan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa jenis mainan yang akan mendukung tumbuh kembang bayi anda di usia 6 bulan :

  1. Rattle

Pilih yang menggunakan bahannya yang terbuat dari plastik, kain atau karet yang lembut. Mainan ini dapat merangsang dalam pertumbuhan gigi bayi. Namun tetap harus Anda pastikan mainan jenis ini aman dan terjaga kebersihannya sebelum bayi Anda memainkannya.

Baca Juga :  Permainan Masak Punya 4 Manfaat Baik Buat Si Kecil

Tersedia dengan berbagai varian bentuk yang mudah untuk dipegang bayi dan ada yang dapat bersuara. Dengan mainan ini, bayi Anda akan belajar untuk menggenggam sesuatu dan berusaha menggerak-gerakannya agar menghasilkan suara, sehingga sensor motorik dan pendengarannya bisa terasah dengan baik.

  1. Mainan dengan Pemutar Musik

Banyak sekali varian bentuk dan lagu yang bisa Anda pilih untuk jenis permainan ini. Anda bebas memilh bentuk apapun sesuai dengan minat dan jenis kelamin bayi. Bisa bentuk bintang, mobil atau tokoh kartun bagi anak laki-laki. Atau bentuk istana dan boneka untuk anak perempuan. Dengan mendengarkan suara-suara, dapat merangsang sistem pendengaran bayi Anda. Bayi yang tertarik dengan suara yang dihasilkan mainan tersebut akan berusaha menggapai dan menggenggam mainan tersebut sehingga melatih juga sensor motorik bayi Anda.

  1. Boneka Tangan

Sangat menyenangkan ketika bayi Anda mulai dapat merespon saat Anda mengajaknya berinteraksi. Dengan bantuan boneka tangan Anda dapat mengajak bayi Anda dalam merespon ucapan Anda sehingga membantu dalam merangsang kemampuan berkomunikasi bayi Anda. Selain itu boneka tangan dengan warna dan bentuk yang lucu dan menarik bisa anda jadikan alat untuk menarik perhatian bayi Anda.

  1. Alat Musik

Mainan Bayi 6 Bulan

Pilihlah beberapa alat musik mainan yang dibuat khusus untuk bayi dengna usia 6 bulan. Berbagai varian seperti drum, atau piano bagus untuk melatih gerakan motorik halusnya. Dengan belajar memukul drum dan menekan tuts piano, bayi akan berusaha berinteraksi dengan suara-suara yang dihasilkan alat musik tersebut. Selain bisa melatih kemampuannya dalam menggerakkan sesuatu, pendengarannya juga akan semakin terlatih.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan faktor keamanan sebelum memutuskan untuk membelikan mainan bagi bayi Anda. Cek sertifikasi SNI tersemat pada kemasan mainan tersebut, dan cek batas usia minimal yang bisa memainkan mainan tersebut. Beberapa mainan dengan bagian-bagian yang kecil sangat tidak dianjurkan untuk dimainkan bayi Anda, karena ada bahaya tersedak.

Baca Juga :  2 Cara BikinSquishy Sendiri di Rumah