Jangan panik, cara hilangkan perut kembung pada anak

Sebagai orang tua kerap kali kita dihantuai rasa khawatir pada anak ketika ia mengalami masalah kesehatan. Sebagian orang tua bahkan mengalami kepanikan sehingga cenderung tidak dapat memikirkan tindakan yang tepat untuk anak. Memang anda tidak boleh meremehkan sakit pada anak namun tidak baik pula jika anda panik. Perut kembung merupakan gangguan kesehatan yang sering dialami anak disebabkan berbagai faktor seperti masuk angin, salah mengkonsumsi makanan atau terlalu banyak makan makanan tertentu. Mengatasi perut kembung pada anak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengatasi perut kembung pada bayi. Hanya saja usia yang semakin besar memberi tantangan tersendiri ketika kita hendak mengobatinya.

Perlu diketahui perut kembung bisa jadi menunjukkan gangguan kesehatan lain namun mungkin pula sekedar kembung. Karenanya beberapa hal berikut yang perlu anda perhatikan ketika menangani perut kembung pada anak.

Pastikan jenis kembung yang dialami

Perut semua anak pada usia balita memang cenderung membuncit karena otot perut belum kuat dan hal ini normal pada anak- anak. Sedangkan ketika anak demam tinggi, perut anak bisa berisi banyak gas atau kembung. Ketika demam tinggi, enzim pencernaan anak terganggu sehingga proses metabolisme pada anak terganggu. Usus tidak berkerja dengan baik saat anak demam tinggi, hal inilah yang menyebabkan perut melebar dan berisi banyak gas. Ketika pada posisi ini usahakan anak tetap makan meskipun sedikit asal sering. Beri anak konsumsi makanan ringan dan tidak membebani saluran cerna.

Ukur suhu tubuh anak

Untuk memastikan perut kembung karena demam atau hal lain anda perlu mengukur suhu tubuh si kecil. Bila suhu di atas 38 derajat celsius dapat dipastikan si kecil sedang demam. Ingat untuk mengukur suhu tubuh gunakan alat pengukur, jangan hanya menggunakan perabaan tangan saja.

Baca Juga :  Permainan Masak Punya 4 Manfaat Baik Buat Si Kecil

perut kembung pada anak

Berikan obat demam

Jika sudah dipastikan anak anda terserang demam maka anda perlu mencari cara mengobati demam pada anak. Perut kembung yang dialami akan mereda seiring turunnya panas suhu tubuh anak. Demam pada anak pada umumnya disebabkan infeksi virus (common colds atau influenza) yang umumnya menyerang sakuran pernapasan atas. Virus tersebut dapat menyebabkan anak mual, muntah, dan sedikit diare. Pastikan anak tidak mengalami dehindrasi. Semala anak tidak mengalami dehindrasi berat da kehilangan cairan elektrolit anda tida perlu terlalu khawatir. Demam pada anak pada umumnya tidak berbahaya dan ganggunan pencernaan sifatnya hanya sementara.

Periksa makanan yang dikonsumsi anak

Jika anak anda mengalami perut kembung yang tidak disertai demam atau suhu tubuhnya masih normal. Anda perlu memeriksa menu makan atau makanan lain yang dikonsumsi anak. Kemungkinan masalah perut kembung yang anak anda alami berasal dari makanan yang mengganggu saluran pencernaannya. Perlu anda ketahui beberapa makanan kesukaan anak adalah penghasil gas, jadi sebaiknya dihindari selama perut anak masih kembung yakni minuman dingin, es krim, makanan pedas, kacang-kacangan dan kol. Serta makanan berlemak dan gorengan yang dapat memicu perut kembung.

Beri sedikit pijatan

Untuk segera menghilangkan perut kembung anda dapat memberi sedikit pijatan pada daerah punggung, seputar perut dan dada. Beri sedikit tepukan di bagian punggung untuk menimblkan sendawa.

Penuhi segala kebutuhan anda dengan cara mudah di bukalapak. Di situs belanja terpercaya ini anda dapat menemukan berbagai macam produk yang anda butuhkan. Di bukalapak semua untung.